Setiap Perusahaan pasti memiliki karyawan yang bekerja di berbagai
bagian. Dan masing-masing bagian memiliki tugas dan tanggung jawab yang
berbeda. Akan sangat penting bagi setiap bagian untuk mempertahankan
karyawannya agar dapat bekerja
secara maksimal. Hal ini sangatlah penting, karena karyawan merupakan
aset dari suatu perusahaan yang akan memajukan Perusahaan itu sendiri.
Oleh karena itu membangun loyalitas karyawan merupakan suatu keharusan.
Untuk mencapai semua itu, tentunya harus di mulai dari setiap bagian
dimana karyawan itu berada. Karena di bagian itu lah karyawan bekerja
dan berkarya.
Berikut beberapa kiat agar seorang karyawan dapat tumbuh menjadi karyawan yang loyal :
1. Kepercayaan dan integritas : Seorang karyawan yang loyal adalah seorang yang dapat dipercaya.
Atasan dapat menjadi contoh yang baik untuk karyawannya agar dapat
melakukan setiap pekerjaan yang diberikan dengan baik. Dan tentunya
seorang atasan harus memiliki komunikasi yang baik dengan para
karyawannya.
2. Adakan Rotasi / Mutasi karyawan : Setiap karyawan
pasti mengalami kebosanan jika selama bertahun tahun bekerja dengan
pekerjaan yang sama. Dan tidak sedikit yang mencoba mencari pengalaman
lain di luar perusahaan. Sehingga banyak dari mereka yang mengundurkan
diri untuk mendapatkan tantangan baru. Karena nya sangat baik jikalau
seorang atasan dapat mengetahui kapan karyawannya dapat di promosi atau
di rotasi pekerjaannya. Memberikan kepercayaan yang lebih terkadang
membuat seorang karyawan lebih semangat untuk bekerja.
3.
Informasikan perkembangan Perusahaan kepada karyawan : Karyawan akan
menjadi lebih memahami dimana mereka bekerja. Kondisi perusahaan yang
maju akan menjadikan mereka lebih menyadari bahwa mereka pun ambil
bagian di dalamnya. Sehingga kedepannya mereka lebih semangat lagi dalam
mencapai visi dan misi perusahaan. Sedangkan untuk kondisi perusahaan
yang kurang juga harus disampaikan. Sehingga karyawan juga dapat
merasakan sesuatu untuk sama-sama berjuang, agar perusahaan dapat
bangkit kembali. Oleh karena itu, Informasi baik melalui email internal
maupun papan pengumuman, dapat selalu di update.
4. Pertumbuhan
Peluang Karier : Peluang promosi mungkin terbatas, namun memberikan
kesempatan seorang karyawan untuk lebih bertanggung jawab dan lebih
mengasah keterampilannya, sangat dihargai oleh karyawan itu sendiri.
5.
Kebanggaan terhadap Perusahaan : Untuk membangun loyalitas seorang
karyawan juga di perlukan rasa bangga terhadap perusahaan itu sendiri.
Ketika kebanggaan itu ada, maka apapun yang terjadi atas perusahaan itu,
seorang karyawan akan tetap memperjuangkan perusahaannya.
6. Rekan
Kerja : Banyak karyawan yang bertahan dan loyal karena faktor ini.
Mungkin mereka tidak menerima gaji yang besar. Namun karena Rekan kerja
dan lingkungan yang positif, mereka bertahan terus dalam perusahaan
tersebut.
7. Pengembangan karyawan : Perusahaan yang baik adalah
perusahaan yang terus meningkatkan kualitas karyawannya. Terutama dalam
hal pengembangan diri karyawan dalam bidang pekerjaannya. Karena itu
sangat baik, jikalau perusahaan terus mengadakan pelatihan atau training, baik secara internal maupun ekternal training.
8.
Hubungan dengan atasan : Hubungan dengan atasan memang sangat penting
untuk dibangun. Atasan yang kurang memahami kepemimpinan dapat membuat
karyawan tersebut tidak dapat bertahan. Namun jikalau seorang pemimpin
mampu memahami karyawannya, pastilah karyawan lebih loyal untuk bekerja
lebih baik lagi.
Semuanya kembali lagi kepada komitmen bersama. Baik dari sisi Perusahaan maupun dari sisi Karyawan.
SUMBER :
http://www.hrcentro.com/artikel/Bangunlah_Loyalitas_Karyawan_dalam_suatu_Perusahaan_120706.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar