Setiap Perusahaan pasti memiliki karyawan yang bekerja di berbagai 
bagian. Dan masing-masing bagian memiliki tugas dan tanggung jawab yang 
berbeda. Akan sangat penting bagi setiap bagian untuk mempertahankan 
karyawannya agar dapat bekerja 
secara maksimal. Hal ini sangatlah penting, karena karyawan merupakan 
aset dari suatu perusahaan yang akan memajukan Perusahaan itu sendiri. 
Oleh karena itu membangun loyalitas karyawan merupakan suatu keharusan. 
Untuk mencapai semua itu, tentunya harus di mulai dari setiap bagian 
dimana karyawan itu berada. Karena di bagian itu lah karyawan bekerja 
dan berkarya.
Berikut beberapa kiat agar seorang karyawan dapat tumbuh menjadi karyawan yang loyal :
1. Kepercayaan dan integritas : Seorang karyawan yang loyal adalah seorang yang dapat dipercaya.
 Atasan dapat menjadi contoh yang baik untuk karyawannya agar dapat 
melakukan setiap pekerjaan yang diberikan dengan baik. Dan tentunya 
seorang atasan harus memiliki komunikasi yang baik dengan para 
karyawannya.
2. Adakan Rotasi / Mutasi karyawan : Setiap karyawan 
pasti mengalami kebosanan jika selama  bertahun tahun bekerja dengan 
pekerjaan yang sama. Dan tidak sedikit yang mencoba mencari pengalaman 
lain di luar perusahaan. Sehingga banyak dari mereka yang mengundurkan 
diri untuk mendapatkan tantangan baru. Karena nya sangat baik jikalau 
seorang atasan dapat mengetahui kapan karyawannya dapat di promosi atau 
di rotasi pekerjaannya. Memberikan kepercayaan yang lebih terkadang 
membuat seorang karyawan lebih semangat untuk bekerja.
3. 
Informasikan perkembangan Perusahaan kepada karyawan : Karyawan akan 
menjadi lebih memahami dimana mereka bekerja. Kondisi perusahaan yang 
maju akan menjadikan mereka lebih menyadari bahwa mereka pun ambil 
bagian di dalamnya. Sehingga kedepannya mereka lebih semangat lagi dalam
 mencapai visi dan misi perusahaan. Sedangkan untuk kondisi perusahaan 
yang kurang juga harus disampaikan. Sehingga karyawan juga dapat 
merasakan sesuatu untuk sama-sama berjuang, agar perusahaan dapat 
bangkit kembali. Oleh karena itu, Informasi baik melalui email internal 
maupun papan pengumuman, dapat selalu di update.
4. Pertumbuhan 
Peluang Karier : Peluang promosi mungkin terbatas, namun memberikan 
kesempatan seorang karyawan untuk lebih bertanggung jawab dan lebih 
mengasah keterampilannya, sangat dihargai oleh karyawan itu sendiri. 
5.
 Kebanggaan terhadap Perusahaan : Untuk membangun loyalitas seorang 
karyawan juga di perlukan rasa bangga terhadap perusahaan itu sendiri. 
Ketika kebanggaan itu ada, maka apapun yang terjadi atas perusahaan itu,
 seorang karyawan akan tetap memperjuangkan perusahaannya. 
6. Rekan 
Kerja : Banyak karyawan yang bertahan dan loyal karena faktor ini. 
Mungkin mereka tidak menerima gaji yang besar. Namun karena Rekan kerja 
dan lingkungan yang positif, mereka bertahan terus dalam perusahaan 
tersebut. 
7. Pengembangan karyawan : Perusahaan yang baik adalah 
perusahaan yang terus meningkatkan kualitas karyawannya. Terutama dalam 
hal pengembangan diri karyawan dalam bidang pekerjaannya. Karena itu 
sangat baik,  jikalau perusahaan terus mengadakan pelatihan atau training, baik secara internal maupun ekternal training. 
8.
 Hubungan dengan atasan : Hubungan dengan atasan memang sangat penting 
untuk dibangun. Atasan yang kurang memahami kepemimpinan dapat membuat 
karyawan tersebut tidak dapat bertahan. Namun jikalau seorang pemimpin 
mampu memahami karyawannya,  pastilah karyawan lebih loyal untuk bekerja
 lebih baik lagi. 
Semuanya kembali lagi kepada komitmen bersama. Baik dari sisi Perusahaan maupun dari sisi Karyawan.
SUMBER :
http://www.hrcentro.com/artikel/Bangunlah_Loyalitas_Karyawan_dalam_suatu_Perusahaan_120706.html 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar